DIAGNOSIS SYSTEM PENGISIAN:
Accu
perlu sering diisi hal itu karena:
1.
Aliran
ke accu tidak cukup hal ini karena
a.
Motor
terlalu rendah kecepatannya diwaktu lambat
b.
Roda
pemutar penggerak generator tidak tepat
ukurannya
c.
Tali
kipas menggelincir
d.
Regulator
tidak distel lagi
e.
Amper
meter mencatat kecepatanpengisian listrik lebih tinggi daripada biasanya
2.
Beban
penghidup (start) terlalu besar sehingga mengakibatkn aliran arus tidak normal
pada accu, hal ini disebabkan :
a.
Motor
stater yang dipakai tidak normal
b.
Terlalu
banyak menggunakan motor stater karena mendapat kesukaran penghidupan (start)
c.
Mika
tinggi terdapat antara batang-batang pengganti arus atau pengganti sangat aus
atau juga dapat terbakar.
3.
Beban
penerangan terlalu berat karena:
a.
Mobil
digunakan terutama pada waktu malam
b.
Kawat-kawat
lampu belakang dan lampu stop tertukar
c.
Tobol
lampu stop tidak bekerja (selalu menutup)
d.
Pemakaian
lampu arus muka tidak perlu waktu mobil diparkir
4.
Pengaliran
listrik didalam accu:
a.
Plat-plat
sangat bersulfat
b.
Sel
bocor karena wadahnya atau bahan campuran penutupnya retak
c.
Tinggi
air tidak semestinya
d.
Penyekat
plat tidak bekerja baik.
Gangguan
accu biasanya terjadi sebagai berikut:
1.
Sebuah
sel tidak mempunyai tenaga listrik:
Letak kesalahan:
·
Didalam
sel itu tidak terdapat asam accu atau jumlahnya sangat sedikit,
·
Perbaikannya:
sel yang bersangkutan diberi air accu kemudian diisi dengan aliran listrik
·
Kutup-kutup
positif atau negative sering dipukul-pukul untuk mendapatkanhubungan yang baik
sehingga masa aktif pada plat gugur
·
Perbaikannya:naccu
dibongkar dicuci bersih dan air uap diganti dengan yang baru dan dipasang
dengan baik, kemudian accu diisi dengan asam accu dan selanjutnya diisi dengan
aliran listrik.
2.
Tenaga
listrik dari tiap-tiap sel sangat rendah dibawah dari 1,8 volt
·
Lupa
memutarkan kunci kontak sehingga lamp uterus menyala dan kemudian menjadi
soak/lemah,perbaikannya: accu diisi dengan aliran listrik ± ½ jam dan
usahakanlah asam accu mendidih dan berat jenisnya tidak naik lagi.
·
Kabel-kabel
penghubung aliran kena masa dan accu menjadi lemah, perbaikannya: sama dengan
point diatas
·
Dynamo
memberikan aliran listrik yang terlampau kecil, perbaikannya: kelengkapan
listrik untuk sumber aliran
·
9dinamo
dan regulator) diperiksa dan carilah kesalahannya.
·
Berat
jenis asam accu terlampau rendah, plat-plat menjadi sulfat oleh karena accu
tidak pernah dipakai/tidak pernah diisi, perbaikannya: diisi dengan aliran listrik
sebesar ¼ dari aliran yang biasa dalam waktu 40 jam, maka berat jenis asam
accuitu dengan aliran listrik yanh normal.
·
Plat-plat
positif dan negative didalam accu harus dibongkar dan diperbaiki.
3.
Tenaga
listrik menjadi tidak ada, ketika motor akan dihidupkan
·
Kapasitas
dari accu menjadi sangat kecil, perbaikannya: tukarlah accu itu dengan
kapasitas yang besar.
·
Accu
tidak menerima aliran listrik yang cukup, perbaikannya: accu harus diisi
kembali.
·
Berat
jenis asam accu terlampau rendah, perbaikannya: accu harus diisi kembali.
·
Masa
aktif telah gugur dari plat-platnya. Perbaikannya: plat-plat accu harus
diperbaharui.
·
Motor-motor
stater memerlukan tenaga yang besar, perbaikannya: terdapat hubungan singkat
pada motor stater.
4.
Accu
terlalu sering diisi dengan air accu:
·
Aliran
listrik yang mengalir ke accu terlalu besar, perbaikannya: penyetelan alat
regulator tidak tepat.
5.
Accu
sering sekali diisi dengan aliran listrik, tenaga listrik ketika akan
dihidupkan:
·
Masa
aktif gugur dari plat-platnya, perbaikannya: plat accu diperbaiki.
Baterai
tidak terisi penuh:
Sebab-sebab:
1.
Generator
tidak dimuati baterai:
·
Tali
kipas longgar atau berminyak, perbaikanya: kuatkan tali kipas dan bersihkan
dari minyak yang adadengan lap yang bersih dan kering.
·
Generator
dan regulator tidak bekerja baik,
2.
Alat
pemuat baterai bekerja baik, tetapi baterai tidak dapat dimuati:
·
Baterai
sudah sangat tua, perbaikannya: diganti dengan baterai yang baru.
·
Ada
arus yang bocor dari baterai:
a)
Putarlah
kunci kontak penyalaan dan tombol listrik lainnya ke posisi ‘off’ apabila
dipergunakan jam listrik bukalah sekeringnya.
b)
Bukalah
terminal pada pol baterai yang tersambung pada badan mesin
c)
Sentuhkanlah
pol pada terminal bateraI
d)
Jika
terlihat ada loncatan listrik pada bagian-bagian tersebut maka tersebut
menunjukkanadanya hubungan pendek, kirimkanlah kendaraan ke bengkel.
e)
Jika
tidak ada loncatan listrik, maka hal itu menunjukkan tidak adanya hubunagan
pendek.
Air
baterai terlalu cepat berkurang:
1.
Baterai
bocor, apabila terdapat keretakan pada kontak baterai maka air baterai akan
merembes keluar, dalam hal tersebut baterai harus diganti atau direparasi.
2.
Baterai
dimuati melewati batas, maka air baterai akan menjadi panas sehingga air
baterai akan menjadi meluap dan mengalir keluar melalui tutup baterai, dengan
demikian maka air baterai akan berkurang dengan cepat, disamping itu
lampu-lampu akan cepat mati dan kontak-kontak pemutus arus yang ada didalam
distributor akan cepat manjadi kasar. Sebab utamanya karena penyetelan regulator
tegangan kurang tepat.
Gangguan-gangguan
pada dynamo ( arus DC) :
1.
Dynamo
tidak mengisi accu:
·
Tali
kipas selip/rusak
·
Kolektor
dari dynamo mengandung minyak sehingga penuh kotoran
·
Kolektor
terbakar, harus dibersihkan kembali
·
Salah
satu dari sikat-sikat telah aus
·
Pegas
dari sikat dynamo telah patahatau tekanan yang lemah
·
Terdapat
hubungan pendek pada kabel dari sikat dynamo
·
Rumah
dudukan sikat telah kotor
·
Hubungan
kabel dari kumparan kututup dynamo terlepas
·
Sekering
yang terdapat pada kutup kumparan dynamo telah terbakar
·
Poros
jangkar berputar berat ( kurang pelumasan atau bantalan peluru telah rusak)
·
Kumparan
kutup dynamo telah tebakar atau ada yang putus
·
Kemagnitan
sepatu kutup terbalik, hubungan ke accu terbalik
·
Kumparan
potensial dari regulator terputus/terbakar
·
alat
pengatur potensial salah stel
·
kabel
penghubung antara accu dan dynamo tidak baik (rusak)
2.
dynamo
tidak mengisi accu dengan cukup:
·
skat
ketiga tidak erada dalam keadaan yang semestinya
·
isolasi
pada kolektor tidak berada pada lamel-lamel
·
hubungan
pendek pada kumparan kutup
·
kumparan
jangkar terputus, terbakar atau mengadakan hubungan pendek.
·
Solder
timah dari sambungan kumparan jangkar pada kolektor terlepas oleh karena
mencair
·
Sekering
yag terdapat pada kumparan kutup terbakar.
3.
Dynamo
tidak mengisi dengan cukup dalam jumlah
putaran yang tinggi
·
Bantalan
peluru dari poros jangkar telah rusak sehingga selama dynamo berputar kolektor
menggeletar.
·
Alat
pengatur potensial salah stel
·
Regulatornya
telah rusak.
Gangguan-gangguan
alternator
1.
Tidak
ada out put ( pengeluaran arus):
·
Kendor atau putus tali kipasnya (
stel/ganti)
·
Cut aot (relai pengeluar) tidak beres (
perbaiki atau ganti)
·
Lengket atau salahnya sikat arang (
bebaskan sikat arang bila aus segera diganti)
·
Putusnya jaringan listrik ( cari dan perbaiki)
·
Diode-diodanya rusak (ganti diode)
·
Jaringan rusak pada stator ( perbaiki bila mungkin atau ganti stator)
·
Putusnya kabel pada rotor ( perbaiki bila mungkin/ganti rotor)
·
Terbakarnya sekering (pasang sekering yang baru dan cari
penyebabnya, apakah kesalahan cut out, kabel atau setelan yang tidak benar)
2.
Out
put ( pengeluaran arus ) rendah:
·
Diode
rusak ( ganti)
·
Tali
kipas kendor ( kencangkan)
·
Stator
kawatnya rusak
·
Sambungan
yang tidak baik daripada kawat ( bersihkan dan betulkan)
·
Setelan
cut out tidak benar ( stel lagi)
3.
Alternator
yang berisik :
·
Bantalan alternator rusak (ganti bantalannya)
·
Kendornya puli atau tali kipas (kencangkan baut puli)
·
Kendornya baut pengikat alternator ( kencangkan baut pengikat
alternator)
·
Ali kipas kurang baik ( ganti tali kipas)
·
Diode dalam keadaan tak normal ( ganti diode)
·
Stator tak baik ( perbaiki jaringan kawat atau ganti stator)
4.
Kesalahan-kealahan
umum pada regulator:
·
Rotor tak baik ( perbaiki jaringan kabel/ ganti rotor)
·
Regulator rusak ( bersihkan baut-baut regulator dan
lembaran-lembaran metalnya kencangkan)
·
Regulator distel terlalu tinggi ( stel kembali regulator, jika
jenis elektronik harus diganti)
·
Regulator pada celah udara tidak benar ( pada jenis yang bisa
distel saja), ganti regulator dan periksa celah udaranya.
sumber: buku teknik servis mobol, drs. daryanto
Shootercasino | Best Online Casino in Canada 2021
BalasHapusFind 카지노사이트 everything you need to kadangpintar know about the best online casino games around! Get your hands on the best casino games at Shootercasino Canada. 제왕카지노